Kamis, 04 Maret 2010

KINERJA OPERASI DAN PENGUKURAN

LATAR BELAKANG PRAKTEK KINERJA OPERASI DAN PENGUKURAN

Penentuan waktu standar mempunyai peranan yang cukup penting dalam pelaksanaan suatu produksi. Penentuan waktu standar yang tepat dan jelas akan dapat membantu tercapainya tingkat produktivitas yang tinggi.
Materi yang berhubungan dengan penentuan waktu adalah pengukuran. Pengukuran yaitu membandingkan besaran yang kita gunakan dengan besaran standar. Dari suatu pengukuran tersebut, dapat dihasilkan suatu peringkat kerja operator dalam setiap proses produksi. Dimana terdapat tingkatan-tingkatan didalam proses tersebut. Pengukuran waktu kerja dilakukan terhadap beberapa alternatif sistem kerja, yang terbaik di antaranya dilihat dari segi waktu.
Garis besar teknik-teknik pengukuran waktu dibagi kedalam dua bagian, pertama secara langsung dan kedua secara tidak langsung. Cara pertama disebut demikiankarena pengukurannya dilaksanakan secara langsung yaitu ditempat dimana pekerjaan yang bersangkutan berlangsung. Dua cara yang termasuk didalamnya adalah cara jam berhenti dan sampling pekerjaan. Sebaiknya cara tidak langsung melekukan perhitungan waktu tanpa harus berada ditempat pekerjaan yaitu dengan membaca tabel-tabel yang tersedia asalkan mengetahui jalannya pekerjaan melalui elemen-elemen pekerjaan atau elemen-elemen gerakan.
Pengukuran kinerja dari seorang operator sangat diperlukan untuk pengukuran waktu baku dalam menyelesaikan suatu produk sehingga bisa ditentukan kinerja dari operator tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar