Rabu, 23 Juni 2010

MTM


Berbicara tentang kehidupan sehari-hari, ilmu ergonomi merupakan ilmu yang sangat diperlukan dalam kehidupan nyata. Ilmu ini menjelaskan interaksi manusia dalam melakukan pekerjaan. Manusia tentunya ingin bekerja dengan baik dan mencapai tujuan yang diinginkan melalui pekerjaan yang efektif, efisien, aman, dan nyaman. Faktor yang ingin ditekankan adalah mengenai keefektifan dalam melakukan suatu pekerjaan.
Mengetahui efektif atau tidaknya suatu gerakan dalam bekerja maka, gerakan-gerakan dalam bekerja tersebut diuraikan dalam elemen-elemen. Penguraian elemen gerakan tersebut adalah melalui basic method time measurement. Metode ini merupakan suatu pengukuran tidak langsung dalam menentukan waktu yang dibutuhkan oleh seorang operator untuk menyelesaikan tugasnya.
Praktikum kali ini, melakukan pengamatan terhadap perakitan setrika listrik. Hal ini dikarenakan perakitan dianggap mudah dan waktu yang dipergunakan cukup singkat. Selain itu, setrika listrik pun merupakan benda yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
Setelah mengamati perakitan setrika listrik, data-data yang telah didapatkan akan segera diolah. Melalui pengolahan data, diketahui proses perakitan setrika listrik dan elemen-elemen gerakan dasar dalam perakitan tersebut. Selain itu, gerakan-gerakan yang tidak perlu dilakukan oleh pekerja dapat dihilangkan. Diharapkan melalui proses perakitan ini dapat diketahui cara pekerja dalam melakukan pekerjaan, apakah tepat guna atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar