Selasa, 22 Juni 2010

TUGAS 1 ETIKA PROFESI

1. Jelaskan pengertian, cakupan dan tujuan dari etika profesi keteknikan!

Etika disebut juga filsafat moral adalah cabang filsafat yang berbicara tentang praxis (tindakan) manusia. Etika tidak mempersoalkan keadaan manusia, melainkan mempersoalkan bagaimana manusia harus bertindak. Tindakan manusia ini ditentukan oleh bermacam-macam norma. Sementara Profesi merupakan kelompok lapangan kerja yang khusus melaksanakan kegiatan yang memerlukan ketrampilan dan keahlian tinggi guna memenuhi kebutuhan yang rumit dari manusia, di dalamnya pemakaian dengan cara yang benar akan ketrampilan dan keahlian tinggi, hanya dapat dicapai dengan dimilikinya penguasaan pengetahuan dengan ruang lingkup yang luas, mencakup sifat manusia, kecenderungan sejarah dan lingkungan hidupnya; serta adanya disiplin etika yang dikembangkan dan diterapkan oleh kelompok anggota yang menyandang profesi tersebut.

Tujuan etika profesi:

* Untuk menjunjung tinggi martabat profesi.
* Untuk menjaga dan memelihara kesejahteraan para anggota.
* Untuk meningkatkan pengabdian para anggota profesi.
* Untuk meningkatkan mutu profesi.
* Untuk meningkatkan mutu organisasi profesi.
* Meningkatkan layanan di atas keuntungan pribadi.
* Mempunyai organisasi profesional yang kuat dan terjalin erat.
* Menentukan baku standarnya sendiri.

2. Jelaskan perbedaan profesi dan pekerjaan! Berikan contoh masing-masing!

Istilah profesi telah dimengerti oleh banyak orang bahwa suatu hal yang berkaitan dengan bidang yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian, sehingga banyak orang yang bekerja tetap sesuai. Profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian. Sementara pekerjaan adalah sebuah aktivitas yang telah ada sebelum dikerjakan oleh pekerja. Misalkan pekerjaan menyapu, yaitu pekerjaan membersihkan suatu areal. Bila seseorag sudah menjalani kegiatan tersebut, maka orang tersebut memiliki profesi tukang sapu.

3. Apa yang dimaksud dengan kode etik?

* Kode etik adalah norma atau azas yang diterima oleh suatu kelompok tertentu sebagai landasan tingkah laku sehari-hari di masyarakat maupun di tempat kerja.
* Menurut uu no. 8 (pokok-pokok kepegawaian): kode etik profesi adalah pedoman sikap, tingkah laku dan perbuatan dalam melaksanakan tugas dan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar